Cerita Perjuangan Novi Jalani Audisi Cherrybelle (Kamu Takkan Percaya Betapa Beratnya)

DALAM Crush dikisahkan Anissa Rachma tak bisa mengikuti latihan dan menjalani show dengan alasan pendidikan.
Ini menyiratkan perpisahan Anissa dengan Cherrybelle. Crush belum memberi tahu pengganti Anissa sampai muncul pengganti dengan wajah mirip Anissa. Namanya, Novi Herlina. Novi curhat perjuangannya mengalahkan ratusan kontestan di babak audisi lalu menjalani latihan fisik.
"Sebulan pertama saya dilatih fisik seperti push up, sit up, lari, bending, untuk menguji mental sekaligus fisik. Dua bulan berikutnya, menghapal gerak tari dari album pertama sampai yang terbaru untuk meluweskan olah tubuh, menyelaraskan saya dengan gerakan personel lainnya," kenang cewek kelahiran 22 November ini. Setiap melakukan kesalahan, Novi dihukum melakukan push up satu set.
Sehari ia menjalani latihan tiga jam. Salah satu menu latihan yang dilakukan Novi setiap hari, lari mengelilingi GBK sebanyak  lima atau enam kali. Untuk push up, kata Novi, setiap hari bisa 100 kali. Selain ketahanan fisik, Novi dilatih menjadi pribadi beretika, jujur, dan berbicara santun. Kalau salah, harus siap push up atau sit up. Ada satu pengalaman yang dibagikan Novi kepada kami.
"Pernah, saya disuruh membawa tiga kaus untuk latihan. Tujuannya, dijadikan cadangan karena cuaca sedang ekstrem. Hujan bisa datang sewaktu-waktu. Pada hari itu hanya saya yang membawa tiga kaus. Akhirnya, saya diminta maju dan memberikan hukuman kepada anak-anak Cherrybelle yang lain. Tapi saya tidak enak hati menghukum teman sendiri. Saya memilih membohongi panitia agar ini tidak perlu terjadi. Akhirnya malah saya yang dihukum guling-guling di jalanan beraspal di GBK," akunya.
Pola latihan macam ini awalnya membuat Novi syok. Ia sempat bertanya, sebenarnya ini latihan untuk menjadi personel Cherrybelle atau menjadi tentara? "Latihan hari kedua saya pingsan. Seminggu pertama sering muntah-muntah," Novie menukas. Lama-lama, ia terbiasa. Biasanya dua tiga kali berlari  mengelilingi GBK langsung muntah. Sekarang, enam kali pun sanggup.
Terpilihnya Novi melewati perjalanan panjang. Ia ikut audisi online dengan mengirim video demo ke manajemen Cherrybelle. Dari ratusan peserta, manajemen memilih 20 kandidat terbaik. Novi, salah satunya. Ia dipanggil untuk bertemu langsung dengan personel Cherrybelle. Dihadapan delapan "senior", Novi diuji menari dan menyanyi. Hasilnnya, ia lolos ke putaran delapan besar dan menjalani pelatihan. Dari delapan finalis, dimampatkan menjadi enam.
"Semenjak itu, dua minggu sekali ada eliminasi sampai akhirnya bertepatan dengan tahun baru 2014 tersisa tiga kandidat. Terpilihlah saya, sebagai personel baru pada 16 Maret berbarengan dengan hari ulang tahun Cherrybelle," paparnya panjang. Sepintas, wajah dan penampilan Novi mengingatkan fans pada Anissa. Apalagi keduanya sama-sama berambut hitam. Apa tanggapan Novi?
"(Mungkin) karena kami sama-sama orang Sunda. Saya dari Bogor, Kak Anissa dari Bandung. Jadi wajah kami tipikal sehingga dibilang mirip. Bagi saya, Kak Anissa sosok panutan. Jago menyanyi dan menari. Pekerjaan terbesar saya saat ini menempati posisinya tapi harus tetap menjadi diri sendiri," pungkasnya. Selamat datang, Novi!

Subscribe for our Newsletter

RE-IMAGINING THE WAY
Back to top