Teruslah Berkarya Cherrybelle

Setidaknya tahun ini Cherrybelle sudah membuat karya yang bisa dianggap besar. Sebuah film berjudul CRUSH diluncurkan beberapa waktu yang lalu. CRUSH mengambil latar di Australia dan diproduseri oleh seorang yang juga berasal dari Australia, Irving Artemas. Film ini adalah film kedua Cherrybelle setelah sebelumnya sempat merilis film Love Is You.

Karya ini patut saya apresiasi, terutama sebagai seorang twiboy. Namun saya dapat katakan ini sebagai film yang bisa dibilang gagal. CRUSH ditarik dari seluruh jaringan bioskop 21 setelah 3 hari tayang. Memang hal itulah yang akan terjadi jika suatu film tidak memenuhi batasan penonton yang ditetapkan oleh kelompok 21 setelah 3 hari. Jujur, saya tidak sempat menontonnya. Entah apa yang mendasari pemilihan tanggal tayang untuk CRUSH. Yang jelas, film seperti ini akan jauh lebih banyak penontonnya bila ditaruh di hari-hari liburan.

Kabar gembiranya untuk kita semua adalah: CRUSH akan dibuat dalam bentuk DVD! Ini adalah menurut penuturan sang manajer di akun ask.fm nya. Sama seperti film Love Is You yang juga ada DVDnya. Saya pikir itu langkah bagus untuk memuaskan para penggemar yang tidak sempat menonton filmnya di bioskop.

Altermyth, sebuah perusahaan game developer menjalin kerjasama dengan Cherrybelle untuk mengembangkan game berbasis mobile. Game itu diberi nama Cherrybelle Magical Diaries atau disingkat CHIBIMARI. Karakter-karakter Cherrybelle pun dibuatkan versi gamenya untuk CHIBIMARI ini.

Dari beberapa penjelasan, game ini bergenre match 3. Ini screenshot yang sudah ditampilkan oleh akun twitter resmi ChibiTheGame:

http://1.bp.blogspot.com/-V0jOPzjFy4U/U9nEIuzGVNI/AAAAAAAACzc/qPpKt1fFP1Q/s1600/BpHDvmQIQAE8KYG.jpg+large.jpg

Sekilas, saya melihat ini mirip seperti game LINE Pokopang. Di sebelah kiri atas itu adalah karakter Cherrybelle yang sudah dibuat versi gamenya.

Mungkin karya yang satu ini agak melenceng dari karya musik. Tapi saya pikir bagus untuk menjadi semacam 'tambahan' di dalam perjalanan musik Cherrybelle. Sampai saat tulisan ini ditulis, game ini masih belum diluncurkan untuk umum.

Single Cherrybelle

Dari film CRUSH ini, ada satu lagu yang menjadi single terbaru mereka. Judulnya adalah dunia tersenyum. Bahkan mereka sudah membuat tutorial dancenya di Youtube.

Katanya dengan single terbaru ini Cherrybelle ingin menebar suasana positif,  kira-kira maksudnya begitu (ga tau kata persisnya apa). Dari nadanya, memang lagu yang ceria. Lagu ini saya pikir cocok juga jika dibawakan oleh Sherina waktu masih kecil. Nadanya sesuai dengan lagu-lagu yang ada di petualangan Sherina. Saya jadi penasaran di bagian mana di film CRUSH lagu ini ditempatkan.

Yang agak saya sayangkan adalah perkembangan lagu Cherrybelle yang sangat sedikit. 2 single terakhir Cherrybelle dibuat seolah-olah 'terpaksa'. Single sebelum ini, Pergi Ke Bulan dibuat bersamaan dengan promosi toko musik digital Apollo. Seolah-olah dibuat karena 'terpaksa' ada tuntutan dari Apollo. Bahkan lagu ini sebenarnya hanya lagu recycle dari lagu lama, bukan lagu yang baru.

Sementara seperti kita tahu, lagu Dunia Tersenyum dibuat untuk OST CRUSH. Lagu ini mungkin tidak akan ada kalau film CRUSH tidak dibuat. Sama seperti lagu Pergi Ke Bulan, namun bedanya ini untuk film mereka sendiri bukan pihak lain.

Praktis setelah mengeluarkan album Diam-Diam Suka, hanya ada 2 lagu yang dikeluarkan oleh Cherrybelle. Perkembangan yang saya kira sangat lambat dalam kurun waktu hampir satu tahun. Kalau tidak salah album kedua dirilis sekitar Agustus 2013 dan berisi hanya sekitar 7 lagu. Brand New Day dan Diam-Diam Suka bahkan sudah dirilis sebelum album ini keluar. Dari lagu yang sekian banyak itu, hanya 3 yang sudah dibuat video klipnya, yaitu Diam-Diam Suka, Very Good, dan Pergi Ke Bulan.

Selama satu tahun ini, saya melihat hanya ada 2 lagu yang lumayan mencuri perhatian masyarakat. Yang pertama adalah lagu Diam-Diam Suka. Lagu ini dipromosikan lumayan besar untuk kemudian memperkenalkan album keduanya. Satu lagi yang kelihatannya lumayan mencuri perhatian juga adalah lagu Pergi Ke Bulan. Sampai-sampai ada meme yang menyindir tentang lirik naik delman dan onta (btw itu lagu recycle, silakan sindir Klarinet, musisi aslinya). Sementara lagu-lagu lainnya saya rasa tidak terlalu populer, kecuali di kalangan twibi dan twiboy.

Tentu, karya yang dihasilkan bukan hanya banyak tapi juga berkualitas. Saya masih ingin melihat karya Cherrybelle yang sepopuler lagu Beautiful dan Love Is You. Siapa tidak tahu lagu Beautiful di Indonesia? Sekarang kalau saya tanya orang tahu lagu Dunia Tersenyum atau bahkan Pergi Ke Bulan mungkin tidak semuanya tahu.

Hal ini juga mungkin akhirnya berdampak pada gelaran AMI Awards 2014.  Cherrybelle tidak mendapat awards apapun, meski mendapat 2 nominasi. Grup Vokal Pop/Urban Terbaik dan Kategori Lagu Grup Vokal Terbaik adalah nominasi yang didapat Cherrybelle. Sementara itu Kategori Grup Vokal Pop/Urban Terbaik sendiri dimenangkan oleh Project Pop dan Lagu Grup Vokal Terbaik adalah River dari JKT48.

Karya yang menentukan kiprah Cherrybelle hingga ke depannya, tentu karya musik yaitu lagu-lagu mereka. Film dan game adalah 'bumbu' dalam perjalanan bermusik Cherrybelle. Jangan sampai hal-hal itu mejadi distraksi dalam membuat karya musiknya. Semoga semakin banyak dan baik lagu yang diproduksi oleh Cherrybelle.


Subscribe for our Newsletter

RE-IMAGINING THE WAY
Back to top