Bangkitkan Semangat Pahlawan, Risma Undang Cherrybelle & Netral


Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengundang sejumlah band dan musisi seperti Netral, The Changcuters, Setia Band, Chakra Khan, Cherrybelle, dan Duo Maya dalam acara musik bertajuk 'Simponi untuk Bangsa 2013'. Acara yang akan digelar pada hari Sabtu (16/11) malam itu merupakan rangkaian dari peringatan Hari Pahlawan.

Menurut wanita yang akrab disapa Risma ini, pihaknya tak hanya mengkampanyekan Surabaya sebagai kota bebas prostitusi dan menghijaukan Surabaya dengan taman-taman kota. Risma juga ingin menumbuhkan semangat kepahlawanan bagi generasi muda. 

"Pagelaran yang terbuka ini, memiliki pesan-pesan edukatif untuk mengajak masyarakat berperan serta secara aktif mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat. Para pahlawan telah memberikan jiwa raganya untuk kita. Ayo kita lanjutkan semangat mereka," kata Risma saat menggelar konfrensi persnya di Balai Kota Surabaya, Jumat (15/11).

Menurut alumni Institut Teknologi 10 November Surabaya itu, masyarakat khususnya anak muda, sudah jarang mendengarkan lagu-lagu bertema kepahlawanan. Sehingga melupakan semangat kepahlawanan para pejuang-pejuang.

"Ini merupakan rangkaian cara peringatan Hari Pahlawan. Sebelumnya Pemkot juga menggelar sekolah kebangsaan, dan kemudian Sabtu besok itu, kita ingin memberi edukasi kepada masyarakat tentang nilai-nilai kepahlawan melalaui lagu-lagu perjuangan dari artis-artis pendukung acara," lanjut wali kota kelahiran Kediri ini.

"Inilah pesan-pesan edukatif yang ingin kita sampaikan. Melalui musik, akan lebih mudah menyampaikan pesan-pesan tersebut."

Mantan Kepala Dinas Pertamanan Kota Surabaya ini juga mengimbau kepada masyarakat di Kota Pahlawan saat menyaksikan acara musik tahunan yang digelar sejak 2006 lalu itu, untuk tertib dan bebas alkohol. Di menuturkan acara itu akan dikawal ketat oleh 2.500 personel kepolisian. 

"Saya mengingatkan kepada masyarakat agar tidak perlu membawa bendera apapun, senjata tajam dan minum-minuman keras saat menonton acara ini," tandasnya.

Subscribe for our Newsletter

RE-IMAGINING THE WAY
Back to top